KPOP CONCERT 101 : PERSIAPAN MENUJU KONSER K-POP

12.43



Hello fellas!

Kali ini aku mau share mengenai apa-apa yang harus diperhatikan ketika mau menghandiri konser KPOP. Anw, sebelumnya aku mau bilang kalau aku baru dua kali nonton konser KPOP jadi masih amateur tapi udah punya gambaran besar tentang gimana konser KPOP itu sih. Biasanya sih penonton konser itu nggak cuma dari wilayah Jakarta dan sekitarnya aja, tapi bener-bener dari seluruh penjuru negara bahkan luar negeri. Kalau kamu dari luar kota, please make sure kamu nggak terlalu kecapekan. Untuk konser KPOP di Jakarta tuh butuh energi banyak karena harus antri berkali-kali dan harus tetep fokus karena ngikutin update antrian dan info-info terkait konser misal : info benefit, wristband, official merchandise dll.  Jangan lupa untuk banyak minum air dan udah bawa bekal dari berangkat. Nah, ini aku kasih beberapa tips yang mungkin bisa sedikit membantu. 

 Luangkan waktu
Buat temen-temen yang masih sekolah atau kuliah tentunya harus udah ngeplanning dari jauh-jauh hari apalagi kalau dari luar kota. Kalau naik kereta bisa nyari kereta jumat sore nanti nyampe Jakarta sekitaran pagi dan langsung ke venue. Kalau mau lebih santai bisa ambil kereta atau pesawat sehari sebelumnya biar bisa istirahat. Kalau aku sih lebih suka pake kereta karena tiket konser aja sendiri harganya udah bikin kepala pusing hiks. Biasanya penjualan tiket itu minimal sebulan sebelum konser jadi ada waktu sebulan buat mikir akomodasi perjalanan. Sebulan itu waktu yang cukup banget. Selain itu, info konser biasanya udah dipublish dari sekitaran tiga bulan sebelumnya jadi buat yang mau cuti juga bisa mikir-mikir. Ini juga berlaku buat konser di luar negeri. Bedanya, kalau di Singapore tiket konser lebih cepet ludes jadi jangan booking tiket pesawat sama hotel dulu sebelum tiket konser di tangan. Biasanya konser diadakan hari sabtu, tapi itu tergantung penyelenggara dan venue. Biasanya kalau di Jakarta selalu hari sabtu, tapi untuk Singapore kadang jumat juga

Beli official merchandise jauh-jauh hari
Kadang ngak seru ya kalau datang ke konser tapi nggak bawa merchandise bias. Biasanya di depan venue suka muncul tiba-tiba banyak penjual merchandise. Ada yang jual barang official dan ada yang enggak. Untuk lightstick official mending disiapin sebelum konser karena meskipun ada booth buat official merchandise suka sold out cepet banget. Tapi buat yang mau seru-seru an tapi budget terbatas bisa juga beli merchandise di luar venue yang harganya murah meriah mulai dari sepuluh ribuan. Tapi inget kalo beli merchandise macam headband, kipas atau benda lain yang sejenis jangan dikeluarin pas konser. Itu mengganggu sekali buat orang-orang yang nonton di belakang kalian jadi mending disimpen aja dulu.

Datang lebih pagi
Kemarin waktu WT, orang udah pada antri dari jam 3 pagi. Kalau aku sih jujur nggak sanggup ya kayak gitu hahaha. Datang jam 9 pagi itu juga masih pagi kok tenang aja. Antrian pertama biasanya nuker e-ticket jadi tiket fisik. Setelah itu kita masuk antrian untuk masuk venue. Nanti di dalam kita udah tinggal duduk dan nunggu dapet wristband dan masuk ke area konser. Belum lagi buat kalian yang pegang benefit harus ikut antri benefit lagi terus keluar lagi antri lagi untuk masuk venue. Itu pengalaman dari Wings Tour Jakarta. Lumayan takes time dari jam setengah 9 antri baru jam 2 siang masuk waiting hall dan dibagiin wristband. Habis itu masih nunggu lagi buat masuk area konser sampe jam setengah 7 malem. Gila ya? Awalnya sih aku maklum karena itu konser pertama dan ah mungkin emang prosesnya kayak begini. Lalu semua berubah setelah aku merasakan konser di Singapore. Pas di music bank SG, aku dateng jam 5 sore untuk konser jam  8 malam. Saat itu antrian masuk seating area belum dibuka, jadi kita keliling area mall dulu untuk makan dan shopping. Seating area dibuka jam enam dan kita nggak antri sama sekali. E ticket nggak perlu dituker ke tiket fisik. E ticket yang ada barcodenya discan dan ditanya bawa air minum atau enggak, udah gitu aja selesai. Proses sampai akhirnya duduk manis nggak memakan waktu hingga 10 menit. Itu sampe aku menganga tidak percaya dan rasanya pengen teriak-teriak hahaha. Padahal di Wings Tour aku juga di seating area loh. Coba seating area konser kpop di Jakarta itu numbered yaaa jadi bisa datang kapan aja fyuh 

Perhatikan hal yang dilarang di dalam konser
Jangan bawa barang-barang yang dilarang masuk kayak kamera, tongsis, makanan, minuman dll. Kalau kalian ada sakit bilang kepanitianya untuk dibolehin bawa air minum dan obat ke dalam venue. Komunikasikan aja sesuai kebutuhan kalian 

Antri yang rapi
Ini nih penting banget. Seberapa ngebetnya kamu pengen ketemu bias tapi please jaga antrian. Kasian buat orang-orang yang dateng lebih awal dari kamu tolong hargai mereka dan hormati mereka. Kalian sama-sama bayar tiket sama jadi hargai yang udah antri duluan. Kalau kalian dateng WT kemarin pasti paham gimana rusuhnya orang-orang masuk ke venue udah kayak Hunger Games padahal setiap orang udah pegang wristband yang udah ada nomornya. Ikuti nomornya jangan dorong-dorongan. Orang lain bisa pingsan atau bahkan dilarikan ke rumah sakit akibat ulah segelintir orang yang suka provokasi dorong-dorongan. Make sure kalian tegas juga dan marahin orang yang ngotot ke depan-depan mulu. Jangan takut kan kalian ngebela hak kalian sendiri. Please jadi dewasa sama diri sendiri.

Pikirkan gimana mau pulang
Sekarang udah ada sistem kita bisa book transportasi beberapa jam sebelumnya kan nah manfaatkan itu. Dijamin semua transport online bakal naik fare nya dan full booked. Kemarin aku nunggu sampe jam dua belas malem sampe akhirnya dapet uber. Kalau nggak mau repot, book hotel terdekat venue udah selesai masalah. 

Pelajari Fanchant dan Fan Project
Fanchant itu penting loh untuk konser KPOP. Coba tonton group yang mau tampil di Youtube kan ada teriakan-teriakan fans yang kompak banget di setiap lagu mereka nah itu fanchant. Fanchant itu sebenernya buat nyenengin artisnya tapi seru juga loh karena kitanya juga ikut seneng kalau penontonnya kompak. Apalagi kpopers Indonesia agak-agak maniak gimana gitu ya hahaha jadi kayak semua orang tau fanchant nya gitu. Ini yang aku rindukan dari konser KPOP di Indonesia beneran fanchant nya heboh banget. Oiya teriakan kalian juga harus dihandle yah jangan sampe ngganggu orang disamping kalian. Kalau kalian terganggu bilang aja baik-baik ke samping kalian kalau tolong bisa dipelanin suaranya hahaha. Beneran ampuh kok ini soalnya pernah coba teriakan orang di samping jadi frekuensinya berkurang tapi tetep kenceng sih haha. Jangan lupa juga untuk follow fanbase di twitter dan cari tahu ada fan project apa yang berjalan di hari konser. Kemarin waktu WT yang aku tahu aja ada empat fan project dan aku dapet bunga, kantong plastik buat lightstick dan bunga buat tiga project. Ada satu project dimana kita ganti lirik lagu dan nyanyiin dengan keras bareng-bareng. Make sure hafalin dan siapin karena itu bener-bener membekas banget buat artisnya dan kitanya sebagai fans 

Siapkan power bank dan smartphone full charged
Selain kedua hal diatas, kosongin juga SD card kalian biar bisa nyimpen banyak kenangan sama bias. Aku nggak menyarankan kalian bawa kamera karena panitia bakal ganas masalah perkameraan ini jadi daripada ambil risiko mending bawa smartphone yang kameranya oke aja.

Oke guys itu tadi sharing mengenai KPOP Concert 101. Kalian bisa juga browsing liat bocoran list lagu yang bakal dinyanyiin sebelumnya buat siap-siap. Tapi kalau suka kejutan skip aja hahaha. Pesanku yang terakhir adalah enjoy your concert and be mature! Jangan ambil hak orang lain guys, hormati orang lain seperti bagaimana layaknya kamu pengen dihormati J Be nice!

You Might Also Like

0 komentar

Diberdayakan oleh Blogger.