Belanja Kosmetik dan Skincare di Seoul, Korea (Where to Shop Cosmetics in Seoul)

04.26



Etude House di Myeongdong Area
Sebelum melanjutkan Seoul Series, yang baru tiga chapter published di blog ini, saya ingin bikin tulisan intermezzo mengenai where to shop for cosmetics stuffs in Seoul. Saya yakin ada banyak orang yang penasaran kalau di Seoul dimana kita bisa shopping kosmetik. Sebenernya nggak susah-susah banget untuk mendapatkan toko kosmetik di Korea apalagi untuk brand lokal mereka sendiri. Ibaratnya toko kosmetik di Korea itu kayak Indomaret atau Alfamart di Indonesia. Dimana-mana bisa ditemukan. Pernah saya ke daerah Seongsu, semacam area apartemen dan perumahan, disana suasana nggak ramai seperti wilayah Seoul lain, disitu saya juga masih juga nemuin toko Innisfree nyempil di pojokan. Pokoknya nemuin toko kosmetik di Seoul itu dijamin mudah apalagi untuk brand-brand seperti Etude House, Innisfree, Tony Moly, The Face Shop dan Banila Co. Selain brand-brand di atas, ada juga Olive Young yang menjual multi-brand dari US, Japan, dan Korea dll. Olive Young ini juga punya promo yang berbeda untuk setiap tokonya. Pernah suatu hari saya dapat lip color Pony Effect diskon 20% di toko Olive Young Ewha University, namun di toko Olive Young Itaewon Pony Effect nggak diskon justru Peripera Tint diskon 40%. Olive Young ini juga menjamur ada dimana-mana jadi nggak perlu takut kelewatan. Namun, ada banyak orang yang masih ribet nyari kosmetik di Seoul meskipun ada banyak roadshop brand store yang tersedia. Kebetulan saya punya beberapa list brand favorit yang nggak bisa ditemukan sembarangan di jalan. Misal saya suka banget sama masker Jayjun dan Leaders, dimana mereka nggak banyak tokonya di jalan-jalan. Sekarang ini brand COSRX juga lagi hit banget di kalangan beauty enthusiast, padahal kenyataannya nyari brand ini butuh usaha yang luar biasa loh di Seoul karena mereka belum punya official store sendiri. Untuk itu ada beberapa rekomendasi area dimana kita bisa beli make up ataupun skincare di Seoul.

1. Ewha Women University
Kalau boleh bilang, Ewdae ini adalah area paling banyak roadshop nya setelah Myeongdong dan sebelas dua belas sama banyaknya seperti di Garusogil. Pada dasarnya, Ewdae adalah area kampus cewek jadinya nggak heran kalau toko-toko di sekitarnya isinya toko kosmetik semua. Jangan kaget pas keluar dari exit subway, depan kita isinya semuanya cuma toko kosmetik. Buat orang-orang yang males desek-desekan di Myeongdong dan pengen shopping tour yang nggak jauh, Ewdae adalah pilihan yang sangat tepat. Toko kosmetiknya satu jalur dan di kanan kiri semua jenis roadshop brand ada mulai dari Missha, The Face Shop, Beyond, Banila Co, Mamonde, Olive Young dll. Saking hebohnya, saya sama sodara saya sampe masukin semua toko satu-satu haha. Disini juga ada toko fenomenal yang konon katanya banyak chinese tourist ke sana karena terkenal murah-murah dan jual barang multi-brand. Tokonya sih namanya Baphivat tapi jual barangnya semua brand kayak Etude House, Too Cool For School, Laneige dll dengan harga miring. Dari jalan utama Ewdae (yang menuju gerbang Ewdae), tinggal belok ke kiri aja nanti udah keliatan toko Baphivatnya. Keuntungan belanja disini adalah nggak seramai di Myeongdong. Misal waktu itu sleeping pack dari Missha lagi diskon 50% disini stoknya masih banyak. Pas saya cek di Myeongdong di semua toko Missha udah sold out. Sodara saya juga beli cushion dari The Face Shop disini diskon 50%, lumayan kaan! Ada banyak jajanan juga disini jadi dijamin nggak bakal kelaparan. Ewdae ini adalah area paling saya suka deh buat belanja! Sepi soalnya hahaha.  

2. Dongdaemun Design Plaza
DDP adalah area tempat belanja kosmetik pertama yang saya kunjungi. Awalnya saya nggak tahu sama sekali kalau di dalam DDP menggelepar banyak sekali roadshop brand. Brand yang buka toko disini ada Nature Republic, The Face Shop, Tony Moly dan masih buanyak lagi. Buat yang suka sama suasana mall, DDP ini cocok buat kamu. Nggak kayak di Ewdae yang tokonya tersebar di pinggir jalan. DDP ini indoor dan lumayan sepi juga. Sale nya juga sama banyaknya. Sayangnya saya pernah beli banyak disini titipan dari temen-temen dan cuma dapet sampel dikit. Selain di DDP, di deket Dongdaemun Gate ada toko namanya toko Teresha. Saya tau toko ini dari ngikutin vlog nya Marie di youtube. Lagi-lagi toko ini terkenal di kalangan chinese tourist hmmm. Kayaknya kalo trip harus sering-sering sksd sama chinese tourist hmm. Kalau kamu sering beli masker atau skincare murce-murce dan kamu penasaran kok bisa masker satu biji harganya 8000 rupiah saja, nah disini tempat belinya. Memang brand-brand nya bukan yang sering kita dengar sehari-hari, tapi mereka juga ngejamin kalau itu aman. Kalau kamu mau beli handcream set buat oleh-oleh atau masker buat oleh-oleh orang banyak disini cocok. Bayangkan sabun muka 3W Clinics dijual mulai dari 1000 won (13ribu rupiah), begitu juga hand cream nya 1000 won-an juga. Kezelllll.

Can you spot GD in this picture? It's interesting to see his picture is displayed beside The Saem. The Saem used GD to advertise their products before.
      3. Myeongdong
Siapa sih yang nggak tahu Myeongdong? Beuuuh pokoknya kalau yang suka ngikutin korean beauty pasti ngerti nih Myeongdong tempat apaan. Pertama kali liat di Youtube dulu vlog tentang Myeongdong saya cuma bengong dan pengen ngunyah layar laptop. Ya Allah ada ya tempat kayak Myeongdong gini di dunia ini. Di Myeongdong kamu nggak cuma bisa belanja kosmetik aja tapi ada banyak jajanan pinggir jalan yang yummy dan juga kalau nyari baju, sepatu, aksesoris pasti wajib kesini. Memang sejauh ini tempat yang paling lengkap untuk belanja kosmetik memang di Myeongdong ini. Untuk itulah Myeongdong sangat terkenal di kalangan turis maupun orang lokal sendiri. Kalau mau nyari high-end brand kayak Hera, Suwhalsoo, History of Whoo dll bisa langsung ke mall, saya sempetnya masuk di Shinsegae Mall giliks gede banget- ada western brand juga banyak disini. Kalau nyari roadshop brand semua ada disini tinggal rajin-rajin aja nanya dan berjalan mencari pencerahan dimana letak toko-tokonya. Myeongdong ini gede banget loh, jadi kalau kamu niat shopping gila-gilaan sediain waktu banyak disini. Bisa juga sambil makan-makan jajanan yang baru mulai buka sorean sekitar jam 3. Enak-enak loh wajib dicoba! Oya buat nyari brand macam Jayjun, Leaders, COSRX disini tempatnya girls.

      4. Garusogil
Gangnam terkenal sebagai area fashion dan beauty. Banyak salon-salon hits di Gangnam. Untuk area shopping, Garusogil yang paling terkenal. Garusogil ini sering difeature di acara-acara TV, terakhir di Return of Superman episode Seungjae date bersama ayahnya. Selain, toko kosmetik di Garusogil ini bisa juga mampir sebentar di LINE Store n Cafe. Disini ada banyak aksesoris LINE characters dan juga bisa ngopi cantik sembari beristirahat sebentar. Umumnya, turis yang punya schedule padat dan waktu berlibur singkat mikir-mikir kalau mau keliling area Gangnam karena Gangnam terletak agak jauh dari pusat Seoul.

5. Subway
Temen saya selalu was-was kalo nunggu saya janjian di exit subway, karena saya mesti selalu “nyangkut” di suatu tempat entah berantah. Di dalam subway station, juga terdapat beberapa roadshop brand seperti Nature Republic, Tony Moly, The Face Shop dan tentunya Olive Young. Saya sering banget nyangkut entah berapa kali saking seringnya ketika sedang transfer kereta atau pas mau keluar. Belanja kosmetik di subway ini asik juga karena sepi dan penjualnya juga biasanya nggak ngikutin kita. Beda kayak di Myeongdong yang setiap pembeli diikuti satu beauty assistant. Subway adalah tempat yang lumayan direkomendasikan untuk berbelanja. Oya kalau kalian penasaran sama jajanan aneh-aneh orang Korea kadang di subway suka ada yang jualan. Pernah saya mau beli dan dilarang sama ahjumma nya hahaha. Itu cuma orang Korea yang doyan, kata si ahjumma. Tapi dari toko kecil ini, saya dapet sekantong permen kacang enak banget seharga cuma 1000won an. 

Itu tadi sedikit cerita intermezzo dimana beli kosmetik di Seoul. Saya yakin ada lebih banyak tempat buat shopping di Seoul, contohnya di Dongdaemun sendiri ada belasan mall sendiri loh. Intinya, sesuaikan aja sama kebutuhan dan itenerary yang udah dibuat. Lancar-lancar yah yang pada mau jalan ke Seoul. Semoga saya bisa kesana lagi dalam waktu dekat. Aamiin. See you fellas di postingan selanjutnya! Stay strong!

You Might Also Like

3 komentar

  1. Seru ya belanja kosmetik di korea, berasa di tiap pengkolan ada~

    BalasHapus
  2. kapan ya aku ke korea, hahaha

    BalasHapus

  3. Blog yang menarik, mengingatkan saya akan Myeongdong di Seoul, kita bisa melihat wajah dari group K-pop Girl’s Generation, Blackpink, atau boy group Exo , Super Junior di baju dan alat tulis menulis, dan kita bisa melihat jejak-jejak dari Winter Sonata, Autumn in My Heart, atau My Sassy Girl dipajangan untuk mengingatkan kita akan filem drama TV Korea yang terkenal.
    Saya mencoba menulis blog tentang hal ini, semoga anda juga suka blog di http://stenote-berkata.blogspot.com/2019/11/seoul-di-myeongdong-pagi-hari.html

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.