PENGALAMAN NONTON BTS, The Wings Tour Jakarta : 2017 BTS LIVE TRILOGY Episode III / BTS IS REAL ! I MET BTS!

06.36

Hai semua. Saya mau cerita keasikan dan drama yang terjadi dari konser yang saya tonton seminggu yang lalu, YES IT IS WINGS TOUR IN JAKARTA! Uhoooooo! Calm down, nop!

Semua berawal dari waktu saya ke Korea bulan Oktober lalu. Saya nemenin temen saya yang nyari titipin album boygroup yang namanya BTS. Saya diceritain sama si penjualnya kalau ini album cepet abisnya kedipan mata! What! Apaan coba berlebihan banget ini si abang. Akhirnya temen saya ini beli titipan album ini di Myeongdong shopping centre di salah satu toko musik. Disitu ada list top 20 selling album dan BTS ini ada di dalamnya. So when I get back to Indonesia, saya nanya dong ke temen saya yang suka updatean boygroup beginian. Itu apa sih BTS, kok heboh banget orang-orang! Temen saya ini lebih heboh daripada saya yang nanya dan suruh saya buka youtube terus search “Danger.” “Kamu harus tahu Jungkook! Dia itu keren banget bisa singing and dancing, visualnya juga keren!” Awalnya saya cuma penasaran sama group ini cuma sebatas pengen tahu aja kayak apa. Eh lama-lama mulai tertantang untuk ngapalin setiap membernya. Saya sadar kalau udah ditahap ini nggak ada lagi kenal mundur, udah mesti deh bakal tergila-gila tapi yaudah deh lanjutin aja. Dan bener, habis suka Danger kebablasan 21st Century Girl, BST, dll. Ah yowis terlanjur nikmati aja. Eh lalu saya iseng habis nonton V-Live BTS Channel (Semacam medsos yang menghubungkan artis sama fans, bentuknya kayak youtube dimana kita bisa nonton self-video mereka dan komentar disana) , ngepos di facebook status tentang BTS. Taunya temen-temen banyak yang tahu BTS cobaa. Disitu saya dikasih tau Dian dan Dina kalo BTS mau konser bulan April di Indonesia. Langsung saya heboh dong meskipun baru kenal BTS awal tahun ini. Padahal dulu pas SuJu nggak gini-gini amet deh. Akhirnya saya mulai searching siapa promotornya, dimana venuenya, kisaran price listnya, gimana tinggal disana dll. Sambil ngelirik tabungan yang angkanya makin miris. Karena kemarin habis pulang dari Korea, saya agak sedikit bangkrut, apalagi hp kemarin tiba-tiba remuk layarnya dan mati. What a nice timing, BTS! Tapi saya sudah memutuskan saat itu, gimanapun caranya berangkat!

Drama dimulai ketika saya harus ngurus pendaftaran pendadaran dan kompre serta mempersiapkan diri untuk keduanya di antara bulan Januari-April. Iya saya emang agak telat soalnya yaa itu main mulu (pake duit sendiri tapinya, lumayan tahu diri lah). Nah kalo kayak gini otomatis saya nggak bisa update mengenai dunia pertiketan ini yang katanya bakal akan ada perang besar-besaran untuk ngedapetin tiket. Mulailah saya nge-pm temen saya satu-satu yang suka BTS dan menanyakan apakah mereka akan nonton. Si Dian ternyata udah di Aussie yaaah. Si X katanya nggak diijinin orang tua. Ya ampun sampe lupa belum bilang ke ortu kalau ada rencana mau nonton konser! Dan ada Ayu yang ternyata mau nonton ALHAMDULILLAH ADA TEMEN SHARE TAXI! Dan bersyukurnya saya karena Ayu dia ini agresif banget update terus tentang isu-isu pertiketan. Tiap ada isu kayak price list, peta venue, benefits dll dia selalu ngabarin. Ya Allah terima kasih telah mempertemukanku dengan Ayu! Dan tibalah saat-saat insecure ketika YES24 sebagai agen penjualan tiket belum juga mengumumkan price list padahal itu sudah H-1 bulan konser. Dengan rasa insecure yang tinggi, saya ngetweet ke YES24 bertanya apakah ada kemungkinan konser ini bakal dibatalkan? Habisnya ini udah satu bulan kurang dari jadwal konser tapi tiket belum juga dijual. Dan jawaban mereka bikin nyesek. Kita nggak punya kekuasaan untuk ngasih kepastian, begitu kata mereka. Tiap hari pun saya insecure sama masalah tiket ini dan juga ujian saya tentunya. Awal April tepat hari selasa, YES24 merilis price list Wings Tour in Jakarta. Untungnya saya sama Ayu udah antisipasi harga tiket jadi nggak kaget banget ngeliat harga tiket yang bikin huek itu. Karena ini adalah konser pertama saya, saya belum mau ambil risiko dan pilih section Yellow. Alasannya sederhana ini adalah section duduk. Horror sudah saya ngebayangin desek-desekan di standing area. Sementara section duduk yang lain adalah Blue, dan kita pilih Blue sebagai opsi kedua kalau kehabisan tiket Yellow. Hari H online sales dibuka pas jam 8 malam. Ba’dha Isya si Ayu ngeWA saya, aku deg-deg-an nih, begitu katanya. Ini rasanya persis banget kayak mau KRS online dulu. Berbekal pengalaman berperang memperebutkan dosen dan mata kuliah dulu, saya dan Ayu yakin kita pasti bisa dapet tiketnya. Pede banget karena banyak orang yang lebih memilih beli tiket dari pihak ketiga karena takut memasuki area ticket war ini. Alhamdulillah kami berhasil secure dua tiket Yellow di sekitar 5-10 menit pertama. Ayu melaporkan habis dia booked, web YES24 langsung susah diakses. Horror. 20 menit setelah pembukaan tiket banyak yang ngeWA saya pada tanya apakah saya udah secure tiket. Pas saya tanya kenapa, ternyata tiket jam segitu semua sudah booked statusnya. WHATT! Sekali lagi, Alhamdulillah kita bisa dapet tiket sesuai yang kita harapkan. Malam itu kita langsung nyari tiket kereta dan ngabarin sodara saya di Tangerang kalau WE WILL GO TO THE CONCERT!

Hari jumat tgl 28 April pukul 17.00, kami berangkat dari stasiun lempuyangan. Beberapa menit setelah kita duduk di kereta terdengar keras Blood, Sweat, Tears diputer di dalam gerbong. Dan ternyata jarak beberapa tempat duduk, ada sekumpulan army (nama fanclub BTS) yang juga mau berangkat ke konser. Sayangnya mereka berisik banget di dalam kereta. Lagu diputer kenceng-kenceng mode speaker padahal ada warning di dinding kereta untuk tidak boleh ramai. Karena terbawa suasana kesel dan excited, saya sama Ayu nggak bisa tidur sepanjang perjalanan. Tiba-tiba gerombolan army tadi heboh sekitar jam 9an. Oh ternyata mereka nonton fancam BTS udah sampe di Seotta! Saya sama Ayu otomatis ikutan heboh juga dan mulai ngepoin fancam di Instagram. Dan kita ngeliat Taehyung alias V BTS tiba di Seotta dengan kemeja birunya itu yang Subhanallah. Malam itu kita nggak bisa tidur sama sekali setelah ngeliat V di fancam. 

Setelah tiba di Pasar Senen dan langsung naik Uber ke kos sodara. Bukannya gercep, saya sama Ayu malah agak leyeh-leyeh di kamar kos. Jam sudah menunjukkan waktu pukul 07.30 dan kita langsung nyari sarapan. Setelah sarapan, kami pesen Uber lagi untuk ke venue konser yaitu ICE BSD. Sayangnya bang driver lost direction, dan karena udah males muter-muter lagi saya minta diturunin di Hall 10. Pas di depan Hall 9, ada mbak-mbak jualan bando yang kayaknya udah capek banget jualan dari shubuh. Saya ikut beli satu dan saya minta Jungkook di bando sebelah kiri dan Jin di sebelah kanan. Dan saya baru menyadari nggak ada yang punya bando customized kayak punya saya di konser hahaha. Sesungguhnya drama puncaknya berawal dari sini, yaitu ANTRIAN! 

Sumpah saya bingung ketika sampai di depan Hall 8. Jam menunjukkan waktu 9 kurang. Antrian udah bejibun dan katanya udah pada ngantri dari jam 3 pagi. Akhirnya karena ada banyak macem antrian dan NGGAK JELAS ANTRIAN APA. Sorry panitia dan promotor ini kenyataannya. Saya nanya ke antrian 1, eh kalian ngantri apa? Dijawab mereka antri benefit. Tanya lagi saya di baris yang sama di belakangnya, eh kalian antri apa? Dijawab lain lagi mereka antri nuker tiket. APA APAAN INI? Akhirnya karena bingung saya sama Ayu nelusurin ujung depan antrian ini apa sih. Dan di depan ternyata ada dua jenis antrian yaitu antri nuker tiket dan antri masuk venue buat yang udah pegang tiket fisik. Tapi makin ke belakang tuh antrian makin nggak jelas sama sekali. Akhirnya kita berhasil secure antrian di bagian belakang dan nggak tahu deh itu berapa kali kita lari-lari berubah arah antrian karena salah. Antrian penukaran tiket untuk Tiket.com dan YES24 ini sayangnya dicampur. Jadi pas anak-anak yang beli di YES24 udah antri depan, taunya belum boleh masuk buat nuker tiket karena stan penukaran tiket yang kosong dari tiket.com. Dari awal kenapa nggak dipisah gitu kan ya biar lebih terorganisir dan barisan depan biar nggak merasa terdzalimi. Hiks. 

Selesai antri penukaran tiket, kami langsung antri untuk masuk venue. Drama dimulai ketika di sebelah kanan antrian yaitu antrian fast track udah nggak sabar masuk venue. Mulailah ada yang ngetuk-ketuk (dengan agak keras) alias mukul-mukul dinding kaca Hall 2 (oknum sih). Saya sama temen-temen yang ngantri normal cuma bisa bersabar dan senyum-senyum mbayangin nanti gimana ngeliat BTS live concert. Setelah dicek barang-barang bawaan, kami akhirnya masuk waiting hall persis sebelah venue konser. Kedengeran tuh BTS lagi soundcheck dari ruangan tunggu. Kami antri lagi untuk dapet wrist band. Pas ini setiap orang udah pegang nomor antrian jadi HARUSNYA masuknya teratur. Sayangnya nggak ada panitia yang ngoordinir penonton dari depan pake MIC/TOA untuk masuk venue jadinya HANCUR barisan antrian yang sudah rapi dibuat. Heran apa ya panitia mikirnya kita bisa paham dan rapi pakai ilmu kebatinan. Sorry to say, semoga besok-besok ada yang ditugasin teriak-teriak PAKAI MIC/TOA biar semua bisa denger perintah masuk venue. Soalnya kalau konser kayak gini orang-orang cuma ngikutin aja depannya kayak gimana. Kalau mereka berdiri yang belakang ikut berdiri. Drama kerusuhan antrian ini sebenarnya dimulai dari section BLUE, sebelah kami, yang tiba-tiba semuanya lari menuju venue konser. Berasa liat survival games kayak The Hunger Games. Otomatis antrian section Yellow yang tadinya lumayan rapi BUBAR. Di titik ini aku sama Ayu udah pasrah. Udah masuk venue tanpa terluka udah syukur deh. Akhirnya dengan banyak drama yang nggak bisa diceritain satu-satu kami berhasil secure tempat di section Yellow dari yang harusnya dapet bangku tengah, kita terdzalimi terdampar di bangku paling belakang. Positifnya adalah kita bisa berdiri sesuka hati dan angkat-angkat banner dan lighting setinggi apapun. 

Pas saya udah mulai duduk, diputer MV Spring Day dan BST yang langsung otomatis bikin venue makin panas. Semua orang mulai nyanyi bareng. Pas lagi asik-asik nyanyi, mas-mas panitia di belakang bilang ke kita, disimpen dulu mbak-mbak energinya konsernya masih belum mulai wkwk. Akhirnya nggak lama konser dimulai. Dibuka dengan VCR. BTS mulai muncul di depan mata dan mulai menyanyikan Not Today. Setelah beberapa lagu seperti 21st Century Girl, Silver Spoon dll tibalah solo stage. Setiap member BTS menyanyikan lagu solo mereka dari album Wings. Stage yang paling saya tunggu-tunggu adalah Reflection by Kim Namjoon dan Awake by Jin. Stage pertama yaitu dari Jungkook menyanyikan lagu solonya Begin. Liriknya cheesy (nyeritain rasa terima kasihnya ke member BTS lain) tapi dancenya bagusss. Saya pun lumayan excited karena Jungkook adalah member kesukaan saya No.1, diikuti Jin. Dance nya Jungkook, Jimin dan J-Hope flawless banget. Bahkan J-Hope sempat hampir menangis saat menyanyikan lagu MAMA. Diantara solo stage, mereka juga sempat menyanyikan Cypher 4 (yang berhasil bikin venue heboh karena rapper line BTS yang COOL parah) dan LOST  dinyanyikan oleh vocal line. Yang bikin saya kaget adalah RapMonster alias Kim Namjoon ternyata super duper HANDSOME IN REAL LIFE. Begitu juga dengan J-HOPE SUBHANALLAH. Senyumnya itu lho bikin klepek-klepek. Padahal niatnya saya cuma mau ngeliatin Jungkook aja, tapi nggak sadar malah nyariin RapMon dan J-Hope. Mungkin karena saya nggak ekpektasi apapun karena visual line yang kita tahu dari BTS itu Jungkook, Jin dan V tapi ternyata yang lain juga sama gantengnya. Terutama karisma Namjoon sebagai leader bener-bener luarbiasa terpancar dari tubuhnya. KIM NAMJOON JJANG! 

Setelah konser saya baru sadar saya nggak banyak ngevideo atau ngefoto. Saya banyak menikmati stage effect dan live concert mereka dengan mata saya sendiri. Saya coba ngevideo tapi indahnya lighting sama properti itu nggak tertangkap sempurna melalui kamera. Apa yang kita lihat jauh lebih indah daripada apa yang di kamera. Semoga tahun depan bisa dikasih kesempatan untuk nonton mereka lagi. Dikuatkan dan diberi keberanian untuk naik level jadi RED. Atau semoga ada RED seating section untuk tahun depan! Overall, this concert is amazing and easily became one of the best moment in my life!

You Might Also Like

1 komentar

Diberdayakan oleh Blogger.